oleh

Halsel Ikut Serta Pada Event Pekan Sagu Nusantara 2020

Labuha, SKR- Kabupaten Halmahera Selatan turut serta dalam event Pekan Sagu Nusantara 2020 mewakili Provinsi Maluku Utara (Malut) Peluncuran Pekan Sagu Nusantara 2020 oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia ini dilaksanakan serentak secara virtual. Dimana lokasi utama kegiatan ada di Jakarta, dan 13 lokasi lainnya merupakan Kabupaten/Kota penghasil sagu, yang telah dianggap siap oleh Kementerian Koordinator  Bidang Perekonomian Repoblik Indonesia, salah satunya Kabupaten Halsel.

Di Kabupaten Halsel sendiri kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Adat Solo, Taman Budaya Saruma. Selasa (20/10). Pada event ini, Halsel menyediakan kurang lebih 20 jenis olahan makanan dan minuman dari sagu.

Wakil Bupati Iswan Hasjim dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat konsumsi sagu di masyarakat dan Halsel akan ikut menyukseskan sebagai salah satu daerah penghasil sagu. “Halsel sendiri memproduksi kurang lebih 150 ton sagu per tahun, dengan 142 hektar yang saat ini dalam tahap pemeliharaan produksi dan 100 hektar siap produksi”, ungkap Wabup.

Sementara itu, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Sofyan Bachmid  mengaku bahwa Halsel terpilih sebagai salah satu dari 14 Kab/Kota yang ikut dalam even Pekan Sagu Nusantara mewakili Prov. Malut.

“Dengan keikutsertaan Halsel di event nasional ini mudah-mudahan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi sagu, dan semoga Halsel dapat turut serta pada event selanjutnya”, ujarnya.

Pada kesempatan ini, Ketua TP-PKK Nurlela Muhammad juga memanfaatkan event Pekan Sagu Nusantara untuk mempresentasikan berbagai olahan makanan dari sagu dan merangkaikan  event ini  dengan Lomba serba Pangan Beragam, Bergizi seimbang, dan Aman B2SA, yang terlaksana atas kerjasama TP PKK Halsel dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. “Kami berterimakasih atas kesempatan Halsel mengikuti event nasional, dan berkesempatan mempresentasikan berbagai olahan makanan dari sagu”, ungkapnya.

Event Sagu Nusantara 2020 berhasil memecahkan Rekor Muri Makan Olahan Sagu Terbanyak secara serentak di 14 Provinsi di Indonesia. Acara ini di hadiri oleh sejumlah Pimpinan SKPD, Anggota PKK Kabupaten Halsel, serta 10 peserta lomba Festival B2SA. (Humas HS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed