oleh

Angka Pengangguran di Kepsul Menurun

SANANA, TMc- Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) dalam tiga tahun terakhir cenderung menurun. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kepsul, dalam 5,86 persen di tahun 2017. Di tahun 2018 angka TPT menurun 5,34 persen dan di tahun 2019 kembali menurun 0,41 persen sehingga menjadi 4,93 persen.

Ditemui di ruang kerja, Staf Seksi IPDS (Integritas Pengolahan dan Dimensi Statistik) Kepsul, Sandhi Yoga Wiratama mengatakan, jumlah pengangguran di Kepsul menurut dalam tiga tahun terakhir.”Iya, selama tiga tahun terakhir menurun. Dari 2017 ke 2018 menurun, dan ke 2019 juga menurun,”katanya Kamis (08/10).

Jumlah angka pengangguran tersebut berdasarkan pada survei angkatan kerja yang dilakukan secara berkala setiap tahun.”Setiap tahun dilakukan survei. Sampelnya pada orang yang sama yang sudah disurvei tahun sebelumnya,”jelasnya.

Menurut Sandhi, angka pengangguran di Kepsul bersifat fluktuatif. Sebab, bertambah atau tidaknya angkat pengangguran erat kaitannya dengan musim panen hasil bumi masyarakat.”Jadi pengangguran ini tergantung musiman juga,”tuturnya.

“Beberapa bulan lalu angka pengangguran sempat bertambah karena harga kopra anjlok. Jadi banya buruh kepala tak bisa dibayar karena harga kopra menurun tajam,” tambah Sandhi.

Lebih lanjut, Sandhi mengaku bahwa, untuk TPT di tahun 2020 sementara masih diproses.”Sementara masih dilakukan survey, nanti kita estimasi kembali,”tukasnya. (bht)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed