oleh

Pernah Lawan AHM, Kini Ci Fau Kembali Dukung Adik AHM Sebagai Cabub Kepsul

SANANA, TMc- Nama Faudjiah Fatmona tak asing lagi di telinga para penggemar kopi dan politisi lokal di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul). Wanita yang akrab disapa Ci Fau ini, pernah menjadi tahanan politik di jaman kepemimpinan Ahmad Hidayat Mus (AHM) selaku Bupati Kepulauan Sula (Kepsul) pada periode 10-15 tahun lalu.

Di bawah naungan Aliansi Pemuda Sula (APS), Ci Fau tak absen memprotes kebijakan Bupati Sula AHM karena dianggap keliru dan bertentangan dengan hati nuraninya. Aksi protes Ci Fau saat itu hingga membawanya berurusan dengan pihak penegak hukum.

Dendam Ci Fau kian memanas hingga ke Pemilihan Gubernur  Maluku Utara tahun 2013 silam. Ibu dua anak ini bersikap memilih Abdul Gani Kasuba dan M Natsir Thaib (AGK-Mantab), ketimbang memilih sang putra terbaik Kepsul AHM yang berpasangan dengan Hasan Doa waktu itu.

Namun dendam Istri Ilham Tuahuans ini tak berlangsung lama pada Pilgub 2018 lalu, Ci Fau berbalik arah dukungan dan kembali mendukung sang putra terbaik Kepsul Ahmad Hidayat Mus (AHM) yang sat itu berpasangan dengan Rivai Umar. Sikap politik Ci Fau ini bukan lantaran mendapat iming-iming pekerjaan atau alasan etnis, melainkan niatnya yang sudah tertanam sejak lama.

“Saya pernah lawan AHM itu bukan pribadinya. Tetapi kebijakannya sebagai Bupati. Sehingga saat AHM maju calon Gubernur pertama dan karena masih menjabat sebagai Bupati Sula. Atas dasar itu saya tidak memilih AHM. Kemudian AHM maju calon Gubernur yang ke dua barulah saya memilih dan mendukung AHM karena dia bukan lagi Bupati Kepsul,” ungkap Ci Fau kepada wartawan, pada Rabu (16/09).

Pada Pilkada 2020 di Kepsul kali ini, Ci Fau menambatkan pilihannya ke Adik kandung AHM yakni Fififan Adeningsih Mus yang berpasangan dengan M Saleh Marasabessy, kata Ci Fau dan ini merupakan sikap politik saya dalam Pilkada Kepsul pada 9 Desember 2020 nanti.

Wanita berusia 48 tahun ini mengungkapkan, beberapa alasan pilihan politiknya ke pasangan calon (Paslon) FAM-SAH. Menurutnya, dirinya kembali mendukung paslon FAM-SAH karena niat dan komitmennya. “Sudah dari awal niat saya memilih Ningsi saudara kandung AHM dan itu komitmen saya,”tuturnya.

Selain itu, Ningsi juga merupakan representasi dari kaum wanita di Kepsul yang memberanikan diri untuk maju di Pilkada 2020. “Selain asalan pribadi dan menurut saya Fififan Adeningsi Mus adalah representasi kaum perempuan cerdas di Sula,”ucapnya.

Kendati demikian, pemilik warung kopi Fina Gahu ini menegaskan, jika jagoannya menang kelak, maka sebagai pendukung dirinya tetap mengkritik apabila kebijakannya tak memihak kepada rakyat, tegas Ci Fau.

“Jika Allah berkehendak dan mengizinkan Fifian dan pak Saleh menang pada Pilkada Sula, kemudian mereka keliru menjalankan roda pemerintahan dan kebijakan tidak pro rakyat di Kepsul. Maka saya orang pertama yang akan mengkritik kebijakan Bupati. Ini bentuk kontrol saya sebagai pendukung,”tutup Ci Fau Sapaan akrab pemilik warkop Fina Gahu. (bht)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed