oleh

Rapid Dan Swab Test Tidak Lagi Berlaku Saat Bepergian Diluar Daerah

TERNATE, TMc- Aturan rapid test atau swab test sebagai syarat bepergian diluar daerah telah di cabut/ tidak lagi diberlaku dan digantikan dengan ukur suhu tubuh. pencabutan ini Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Ketua Pengendalian dan operasi percepatan penanganan Covid 19 kota Ternate, Arif Gani ketika dikonfirmasi, Rabu (09/09) mengemukakan, terkait SK tersebut kota Ternate juga akan memberlakukan sesuai yang tertuang pada SK Kemenkes. Menurutnya, ini merupakan kebijakan nasional, sehingga daerah pun akan tetap melaksanakan hal yang sama.

“itukan hanya untuk orang perjalanan, yang artinya hanya perlu scan suhu tubuh saja sudah cukup dan kalau memang suhu badannya diatas 37 derajat celsius maka yang bersangkutan tidak bisa melakukan perjalanan,” ujar Arif.

Arif menuturkan, Gugus Tugas tetap akan menyesuaikan dengan keputusan Kemenkes karena pada halaman 35 surat keputusan itu disebutkan bahwa secara umum kegiatan penemuan kasus Covid-19 di pintu masuk diawali dengan penemuan kasus pada pelaku perjalanan.

Sementara untuk Pelaku perjalanan sendiri diartikan sebagai orang yang melakukan perjalanan dari dalam negeri (domestik) maupun luar negeri pada 14 hari terakhir. “Untuk melacak kasus Covid-19 di pintu masuk atau perbatasan,” tandasnya. (one)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed