oleh

Calon Petahana Bahrain Kasuba Gagal Sebelum Bertarung di Pilkada Halsel  

TERNATE, TMc- Pasangan Calon (Paslon) Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba-Muchlis Sangaji (BK-MS) gagal sebelum bertarung di Pilkada Halsel pada 9 Desember 2020 mendatang. Kepastian paslon Bahrain Kasuba-Muchlis Sangadji (BK-MS) tidak bisa mengikuti kontestasi di Pilkada Halmahera Selatan disebabkan tidak memenuhi syarat dukungan partai politik saat melakukan pendaftaran di KPU Halsel pada 6 September 2020.

Sebab, paslon Bahrain Kasuba-Muchlis Sangadji (BK-MS) hanya mendapat dukungan dari Partai Gerindra yang hanya memiliki 3 kursi di DPRD Halsel, sementara dalam ketentuan harus 6 kursi maka terdapat kekurangan 3 kursi. Berdasarkan kekurangan dukungan partai politik tersebut, Komisi Pemelihan Umum (KPU) Halmahera Selatan menyatakan paslon BK-MS belum memenuhi syarat untuk melakukan registrasi dan pendaftran sampai batas waktu pukul 00 WIT (Jam 12) malam pada Minggu (06/09) KPU Halsel kembali menutup jadwal pendaftaran.

Calon petahana Bahrain Kasuba (BK) yang kini menjabat sebagai Bupati Halmahera Selatan aktif kembali tersingkirkan sebelum bertarung, hal ini disebabkan kurangnya dukungan dari partai politik yakni hanya partai Gerindra yang memiliki 3 kursi. Bahkan pada saat pendaftran di KPU Halsel, Bahrain Kasuba sendiri dikabarkan masih berada di luar daerah (Jakarta) hingga KPU Halsel menutup jadwal pendaftaran paslon sekitar pukul 00 WIT.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan Bupati Halsel Bahrain Kasuba didamping istrinya Nurlaila Muhammad tiba di Ternate dengan menggunakan peswat carteran dari Jakarta ke Ternate. Setibanya di Ternate mereka langsung menuju Pelabuhan Residen sekitar pukul 00.07 Bahrain Kasuba langsung bertolak dengan kapal cepat dari Ternate menju kota Labuha sekitar pukul 12.13 WIT dan diperkirakan tiba di pelabuhan Labuha sekitar pukul 16.00 WIT.

Menurut keterangan salah satu sumber orang dekat kepada wartawan mengaku Bupati Halsel Bahrain Kasuba bersama istrinya Nurlaila Muhammad telah menggunakan pesawat carteran (sewa) dari Jakarta ke Ternate. “Namun untuk mengikuti pendaftran di KPU Halsel, saya pikir pa Bahrain Kasuba sudah terlambat mendaftar dan dipastikan gagal mengikuti Pilkada Halsel pada 9 Desember 2020,” kata sumber.

Untuk itu, Pilkada Halsel hanya dua pasangan calon yang akan bertarung yakni pasangan Usman Sidik-Bassam Kasuba (Usman-Bassam) dan Helmi-Laode mereka akan mengikuti pertarungan Pilkada Halsel pada 9 Desember 2020 mendatang, tegas sumber.

Perlu diketahui bahwa, Partai Berkarya melalui kepengurusan yang diakui oleh Kemenkumham, secara resmi telah memberikan rekomendasi kepada Paslon Bupati Halsel Usman Sidik-Bassam Kasuba (Usman-Bassam).

Hal ini dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) Partai Berkarya Nomor : SK-001/Pilkada/DPP Berkarya/VIII/2020 yang ditanda tangani oleh Ketua Umum, Muchdi Purwopranjono dan Sekretaris Jenderal, Badaruddin Andi Picunang tanggal 05 Agustus 2020 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dalam Surat Keputusan tersebut dijelaskan, bahwa penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara dan berdasarkan usulan Dewan Pimpinan Daerah partai Berkarya Provinsi Maluku Utara melalui Dewan Pimpinan Partai Berkarya memberikan persetujuan kepada pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Halsel periode 2020-2025 yakni pasangan Usman Sidik sebagai Calon Bupati dan Hasan Ali Bassam Kasuba sebagai Calon Wakil Bupati.

Bakal Calon (Balon) Bupati Halsel Usman Sidik mengatakan bahwa Surat Keputusan (SK) Berkarya itu diserahkan tanggal 5 Agustus 2020 lalu. ”Alhamdulillah pasangan Usman-Bassam juga diberikan kepercayaan oleh Partai Berkarya untuk maju di Pilkada Halsel pada 9 Desember 2020 mendatang,” ujarnya.

Sebelumnya, rekomendasi Partai Berkarya diserahkan kepada Balon petahana BK-Lutfi untuk maju bertarung di Pilkada Halsel yang di tanda tangani oleh Tommy Soeharto. Namun karena pengesahan kepengurusan baru melalui Kemenkumham dengan Ketua Umum Muhdi PR kemudian Partai Berkarya kembali berpindah kepada Paslon Usman-Bassam, tutupnya. (Red/01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed