oleh

Peringatan HUT RI Ke 75 Di Pemkab Halsel Berlangsung Khikmad

LABUHA, TMc/SKR- Upacara Kenaikan Bendera dalam rangka memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Repoblik Indonesia ke 75 tahun, pada hari Senin 17 Agustus 2020, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) di Lapangan Kantor  Bupati Halsel yang dilakukan secara sederhana dengan menggunakan Protokol Covid-19 berlangsung khikmad hingga selesai.

Pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke  75 ini, Wakil Bupati Halsel, Iswan Hasjim, ST., MT bertindak sebagai Inspektur Upacara. Kemudian yang bertindak sebagai Komandan upacara Kapten Inf. Aga Galela, Perwira Staf Teritorial Kodim 1509 Labuha.

Suara sirine detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Repoblik Indonesia Ke 75 bergema di Lapangan Upacara Kantor Bupati Halmahera Selatan. Seusai suara dentuman sirine tersebut dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi yang dibacakan oleh Umar H. Soleman, Wakil Ketua I DPRD Halsel.

Peringatan HUT RI di Halsel kali ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara dilaksanakan dengan jumlah peserta terbatas. Dimana mengingat kondisi Pandemi Covid 19 yang masih ada sampai saat ini.

Sementara untuk Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang bertugas hanya 8 orang dengan posisi Pengait dilakukan oleh Ramdan H. Moni, Danpok Fahryan Fahrurrazy, Pembentang M. Iksan Kamarullah dan Pembawa Baki oleh Milda Nandina Salsabila. Sedangkan untuk Peserta upacara hanya dihadiri oleh ASN yang diwakilkan oleh Satpol PP, TNI dan Polri,dengan keseluruhan peserta berjumlah 60 orang.

Upacara kenaikan sang saka merah putih yang dimulai pada Pukul 10.00 Wit dan berakhir pada 11.00 Wit berjalan tertib dan khidmad yang dihadiri oleh seluruh Unsur Forkopimda Halsel serta pihak dari Kesultanan Bacan.

Usai melaksanakan Upacara Kenaikan Bendera Merah Putih, Wakil Bupati Halsel Iswan Hasjim, beserta seluruh Forkopimda Halsel mengikuti Upacara secara Virtual di Ruang Rapat Kantor Bupati Halsel, yang dilaksanakan langsung dari Istana Negara Jakarta, pada pukul 12.00 WIT.

Seperti tahun-tahun sebelumnya pada HUT RI, Kementerian Hukum dan Ham memberikan Remisi kepada seluruh Masyarakat yang berada di Rumah Tahan (Rutan) di seluruh Indonesia. Salah satunya di Rutan Labuha Kabupaten Halsel.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Iswan Hasjim yang didampingi Forkopimda Halsel, juga menghadiri upacara pemberian Remisi di Rutan Labuha, yang diselenggarakan secara Virtual langsung dari Kantor Kemenkumhaman yang berlangsung tepat pada pukul 15.00 WIT.

Tepat di Pukul 17.30 WIT, Wakil Bupati Kabupaten Halsel Iswan Hasjim kembali menjadi Irup pada Upacara penurunan Bendera di Lapangan Kantor Bupati Halsel. Upacara penurunan Bendera yang bertindak sebagai  Komandan upacara yaitu Albertus Mabel, S.I.K Kapolsek Pulau Bacan.

Penurunan Bendera Merah Putih sukses diturunkan oleh Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Halsel. Upacara ini dihadiri pula oleh  Unsur Forkopimda Halsel dan sulurh Perwira TNI dan Polri. (Humas/LS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed