oleh

Peningkatan Kesehatan Masyarakat, RSUD-CB Pengadaan 1 Unit Rontgen Mobile

TERNATE, TMc- Guna menunjang peralatan medis serta memenuhi kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat ditengah pandemi Corona Virus (Covid-19), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoirie (CB) Ternate, Maluku Utara melakukan pengadaan satu Unit mesin x-ray atau Rontgen mobile.

Direktur RSUD Ternate, dr. Syamsul Bahri ditemui wartawan, jumat (13/08) pagi tadi mengemukakan, pengadaan satu mesin unit x-ray tersebut guna memenuhi kebutuhan layanan kesehatan pasien.

Proses pengadaan x-ray ini melalui e-katalog yang dianalisa langsung oleh tim akuntabilitas yang terdiri dari pihak Kejaksaan, BPKP dan Inpektorat Provinsi Maluku Utara.

“Mesin itu di beli seharga kurang lebih 2 miliar. Olehnya itu, kedepan apabila pasien melakukan pemeriksaan/Rontgen lebih mudah karena mengunakan digital,”Ungkap dia.

Ia menuturkan, mesin baru tersebut mempunyai keunggulan dari mesin lama. Pasalnya, jika pasien melakukan rontgen maka langsung difoto dan ukuran fotony lebih kecil. Bahkan bisa disimpan di file atau fles sementara mesin sebelumnya tidak bisa menyimpan file dan hasilnya lebih besar.

“Kedepan sudah menggunakan digital sehingga tidak ada lagi seperti itu. misalnya pasien itu dirujuk ke RSU Lain dan dokter mau periksa tinggal masukan ke laptop karena hasilnya rontgen sudah ada bahkan lebih jernih,”Paparnya.

Alat tersebut Lanjut dia, bisa digunakan untuk pasien Covid 19, bisa juga digunakan pasien biasa bilamana Virus Corona ini berakhir. Dia juga menambahkan, untuk masin lama, Tuas yang di arahkan ke pasien itu sudah sadiki kelonggaran sehingga apabila diatur memakan waktu yang lama.

“Kalau masin terbaru ini langsung file dan cetak. Jadi perbedaannya seperti Tv lama hitam putih dan Tv warna,”Tandas dia sembari menambahkan Alat tersebut dipastikan turun sebelum tanggal 28 agustus 2020. (Isr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed