oleh

Angka Penceraian di Kepsul Meningkat, Janda dan Duda Semakin Bertambah

SANANA, TMc- Angka penceraian di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) di tahun 2020 ini meningkat. Dari 81 perkara cerai yang telah mengikuti siding di Pengadilan Negeri (PN) Sanana, usia yang lebih dominan adalah 20 sampai 40 tahun.

Lantaran Kepsul sendiri belum memiliki bangunan (Pengadilan Agama), maka sidang penceraian dilaksanakan melalui Pengadilan Negeri (PN) Sanana. Dari 81 perkara cerai, terbagi dari cerai talak dan cerai gugat. “Iya, kami telah selesai sidang 81 perkara cerai di PN Sanana,” kata Panitra Pengganti Pengadilan Agama (PA) Labuha, Ikbal saat ditemui di penginapan Desa Fagudu, Kamis (13/08).

Ikbal menjelaskan, antara tahun ini dengan tahun sebelumnya, tahun ini perkaranya sedikit meningkat. “Meningkatnya tidak terlalu banyak, kalau tidak salah ada penambahan 10 perkara. Mungkin di tahun lalu tidak sempat mereka ajukan maka di tahun ini mereka ajukan, sehingga ada penambahan,” jelasnya.

Dari 81 perkara itu, lanjutnya, 80 persen gugatannya dikabulkan. Karena memang gugatan yang mereka ajukan ini atas sepakat dua belah pihak.

“Dalam persidangan, baik istri maupun suami semuanya hadir. Dan Usia paling dominan untuk mengajukan gugatan cerai itu lebih didominasi usia 20 sampai 40 tahun. Jadi usia muda masih lebih dominan,” ungkap Ikbal.

Tambahnya, dalam persidangan kemarin itu belum semua bisa diselesaikan. “Untuk perkara yang dapat kita selesaikan ya kita selesaikan dan perkara yang belum dapat di selsaikan, kita kembalikan ke Bacan untuk diselesaikan di sana, karena tidak serta merta kita langsung putuskan,” katanya.

Selain itu, penyebab terjadinya penceraian di Kepsul karena faktor yang di lihat itu lebih banyak lantaran hadirnya orang ketiga, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Untuk KDRT sendiri bukan serta-merta dengan fisik, tapi juga dengan pisikes atau mental dan ada juga yang ditinggalkan,” tutup Ikbal. (bht)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed