oleh

Sebelum 17 Agustus, Monumen Air Nusantara Sudah Tertata

TOBELO, TMc- Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara, telah melaksanakan rapat bersama dinas terkait untuk menata kembali monumen air nusantara yang diresmikan pada 2012 lalu. Hal ini dilakukan sehingga monumen air nusantara yang disatukannnya air dari 1200 dari seluruh penjuru nusantara dapat dijadikan sebagai icon Halmahera Utara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Halut, Samud Taha menyebutkan, rencana penataan kembali monumen air nusantara sudah dibicarakan berasama instansi terkait yang didalamnya terdiri dari DLH, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum, serta sejumlah SKPD lainnya, termasuk unsur adat yang ada di Halut. “Dalam pertemuan yang dilaksanakan di kantor DLH merupakan bentuk perhatian sehingga sebelum peringatan HUT RI pada 17 Agustus mendatang, penataan monumen air nusantara sudah tertata kembali,” ucapnya kepada sejumlah wartawan, pada Rabu (05/08/2020) hari ini.

Samud menjelaskan, dalam penataaan dan pengaktifan kembali monumen air nusantara dilakukan dengan mengguna ritual adat sesuai dengan yang telah dilakukan sebelumnya. Selain itu, juga akan menghadirkan para pemangku ada di daerah yang merupakan tokoh yang nantinya akan kembali mengaktifkan monumen air nusantara seperti sedia kala. “Untuk air keramat yang diambil dari seluruh penjuru dinusantara berada di Talaga Lina. Nantinya dalam pengambilan air keramat tersebut akan dilakukan sesuai dengan ritual yang dilakukan. Kegiatan ini juga akan melibatkan para paguyuban yang ada di bumi Hibualamo,” jelasnya.

Samud menambahkan, bahwa penataan di tugu air nusantara akan dilakukan secara cepat dengan melibatkan instansi terkait. “Disekitaran tugu air nusantara akan ditata yang rusak dengan diperbaiki dan dilakukan pengecatan. Didalamnya juga termasuk sekitar tugu yang nantinya akan ditata dengan menambah lampu penerangan,” terangnya. (Nal)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed