oleh

Tiga Kuasa Hukum Gugat BRI di PN Sanana

SANANA, TMc- Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kabupaten Kepulauan Sula kembali digugat oleh tiga Penasihat Hukum (PH) di Pengadilan Negeri (PN) Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul).

Gugatan yang dilakukan oleh tiga Penasihat Hukum (PH) diantaranya, Kuswandi Buamona SH, Zulfitrah Hasim SH, dan Fahmi Drakel SH tersebut mewakili kliennya.

Di katakana melalui Kuasa Hukum Kuswandi Buamona bahwa, kami menggugat pihak BRI KPC Sanana atas permintaan kliennya terkait masalah kredit dengan jaminan satu rumah parmanen yang bersertifikat sejak tahun 2010 lalu.

Namun, setelah orang tua kliennya meninggal dunia, kemudian berkaitan dengan meninggalkan tunggakan dalam pembayar angsuran kredit selama 4 bulan. Akan tetapi, ada tunggakan namun yang bersangkutan telah meninggal dunia, maka pihak Bank tidak pernah memberikan peringatan berupa SP1, SP2 dan SP3.

Atas dasar itu, maka kami selaku Kuasa Hukum meduga bahwa pihak Bank telah mengalihkan kredit kepada pihak lain, tanp persetujuan dari ahli waris, sehingga kami menggugat BRI ke PN Sanana,” kata Kuasa Hukum, Kuswandi Buamona saat ditemui wartawan di warkop Finagau, Selasa (04/08).

Semestinya kata Kuswandi, pihak Bank dapat melakukan lelang eksekusi atas hak tanggungan sebagaimana dimaksud Pasal 6 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang hak tanggungan atas tanah beserta benda-benda yang berkaitan dengan tanah. (UU Hak Tanggungan) apabila objek jaminan berupa tanah dan atau bangunan, atau lelang eksekusi atas fidusia sebagaimana dimaksud Pasal 29 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia (UU Fidusia) apabila objek jaminan berupa barang bergerak, seperti kendaraan, jelasnya.

“Jadi dengan itu kami mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Sanana dan akan disidangkan pada tanggal 5 Agustus 2020,” ujarnya.

Sekedar informasi bahwa rumah milik ahli waris (klaen kami) beralamat di Desa Fogi, Kecamatan Sanana, yang saat ini rumah tersebut sudah dialihkan dan telah dikuasai oleh pihak lain, tutupnya. (bht)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed