oleh

Inspektorat Serahkan Hasil Temukan BPK Rp 26,9 Miliar Ke Kejati Malut

TERNATE, TMc- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara (Malut) akan menindaklanjuti permintaan Inspektorat Pemprov Malut soal pengembalian Keuangan Negara sebesar Rp 26.9 Miliar di Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Provinsi Malut yang menjadi Temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Kepala Kejati Malut Erryl Prima Putra Agoes Melalui Assisten Bidang Intelijen Kejati Malut Efrianto Selasa (04/07/2020) mengatakan, pihaknya telah menerima dokumen atau berkas yang diserahkan Kepala Inspektorat Malut Ahmad Purbaya.olehnya itu, akan dikaji kemudian selanjutnya mengambil langkah upaya hukum. “Berkas temuan BPK yang belum ditindaklanjuti inspektorat sudah di serahkan, nantinya kami akan mempelajari,” ujarnya.

Dijelaskan dia, setiap laporan maupun aduan yang masuk di Kejati Malut tetap akan di proses. guna dapat menyelamatkan keuangan negara yang disalah gunakan termasuk permintaan atau laporan dari inspektorat Malut. “Intinya akan kita tindaklanjuti, jika ada indikasi. misalnya ada peristiwa pidana tentu akan kita ambil langkah-langkah hukum,” tandasnya.

Sementara itu, kepala inspektorat Malut Ahmad Purbaya mengemukakan, pelimpahkan temuan BPK RI senilai 26.9 Miliar ke Kejati Malut dengan tujuan agar dapat dipulihkan kembali keuangan negara melalui upaya hukum.

“Temuan BPK RI ini merupakan temuan dari 2015 hingga 2018 dan kita juga sudah mengambilkan langkah dengan menyurati pihak-pihak yang punya temuan dengan hasil ada yang stor ada yang tidak stor, yang tidak stor ini yang kita limpahkan,” ujarnya.

Dia menambahkan, dengan pelimpahkan dapat diharapkan pihak Kejati segera memproses pihak-pihak yang jadi temuan yang tidak memiliki itikad baik melakukan pengembalian keuangan negara. “Semoga yang macet-macet ini bisa stor, kalaupun tidak ya mungkin teman-teman dari kejaksaan akan menempuh atau proses dengan jalur hukum,” tutupnya. (Isr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed