oleh

Pencairan Dana Kelurahan Tahap I, di Kelurahan Gamalama Fokus Tiga Program

TERNATE, TMc- Pencairan Tahap I Dana Kelurahan (DK), untuk di Kelurahan Gamalama, Kecamatan Kota Ternate Tengah fokus pada 3 program kerja yakni, bidang penanggulangan, bidang Sosial dan bidang perlengkapan rumah ibadah.

Hal tersebut di sampaikan oleh Lurah Gamalama Muhammad Ichsan S.Ip saat di wawancara awak media, pada Senin (03/08/2020) pagi tadi, ungkap Lurah Gamalama.

Menurut Lurah, dana kelurahan tahap I sudah di cairkan sebelum dua hari lebaran idul adha, maka untuk kelurahan Gamalama ada program fisik dan pemberdayaan. Untuk program fisik belum bisa di laksanakan di tahap I, karena dana kelurahan (DK) tersebut sistem pencairannya ada dua tahap, ujarnya.

“Jadi tahap I sudah selesai dengan laporan pertanggungjawaban, baru bisa di cairkan Tahap II, jadi kelurahan gamalama ini untuk tahap ke dua akan di targetkan hanya I kegiatan yaitu kegiatan fisik,” ucapnya.

Lanjut M. Ichsan, untuk tahap pertama,  kegiatan yang di laksanakan itu adalah bidang pencegahan penanggulangan Covid-19, berupa pembelian masker, dan hentanitazer, sementara dalam bidang dampak sosial adalah pemberian sembako, dan kegiatan bidang bantuan rumah ibadah.

“Rumah ibadah ini yang akan di adakan yaitu mesjid di samping kantor lurah di berikan seperti sound sistem, untuk mesjid Al-Muttaqin di berikan berupa laptop, dan masjid Al-Munawar di berikan berupa tenda kerucut dengan ukuran 3×3,” sebutnya.

Kata Lurah, sedangkan bantuan kepada UMKM seperti pelaku-pelaku usaha baik itu rumah makan, dan warung Kopi itu juga dapat bantuan, tetapi semua bantuan itu tidak di berikan dalam bentuk uang, tapi dalam bentuk bahan. Jadi seperti rumah makan itu mungkin dapat beras, air mineral, sedangkan penjual-penjual lainnya juga di berikan sesuai dengan kebutuhannya. “Dan sementara kami masih melakukan perlengkapan administrasi untuk lakukan transaksi sehingga bisa di bagi-bagikan,” ujarnya.

“Harapan kami mudah-mudahan dalam suasana pandemi seperti ini, bantuan-bantuan kepada pelaku UMKM ini dapat bermanfaat, karena kita tahu sendiri bahwa dengan adanya pandemi Covid-19 ini semua sektor usaha itu sangat turun drastis, apa lagi masyarakat itu sendiri,” harapnya. (Ade)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed