oleh

Pencoklitan PPDP Mencapai 80 Persen

SANANA, TMc- Proses pencoklitan PPDP di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) sudah capai 80 persen. Hal ini disampaikan Kordiv Program KPU Kepsul, Irfan Sulabbesy Buamona saat di wawancarai (27/07).

Irfan mengatakan, berdasarkan koordinasi dan monitoring dan evaluasi di lapangan, 78 desa di Kepsul semuanya sudah dilakukan Coklit. “Semua desa sudah dilakukan Coklit. Progresnya sudah capai 80 persen,”.

Dari hasil Coklit 10 hari pertama, pelaksanaan Coklit  banyak ditemukan pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) jenis orang yang sudah meninggal namun masih terdaftar.

“Banyak ditemukan TMS. Ada pemilih yang sudah meninggal tapi masih ada dalam A-KWK. Tapi data persisnya kita belum tahu persis. Semua TPS yang dicoklit masih temukan data TMS,” akuinya.

Menurutnya, TMS jenis tersebut masih ada dalam A-KWK lantaran dokumen kependudukannya belum dirubah. “Kami juga sudah sampaikan ke PPDP agar koordinasi dengan aparat desa supaya mereka bisa sampaikan ke keluarga yang meninggal supaya cepat urus akta kematian,”ujarnya.

Irfan bilang, saat ini proses Coklit masih berlangsung. Sebagain desa sudah 100 persen proses Coklit sudah selesai dilaksanakan. “Ada sudah 100 persen. Ada yang masih 80 persen ada yang 90 persen,”paparnya.

Sementara untuk TPS khusus di Lapas, masih dikoordinasikan dengan pihak terkait untuk dimintai dokumen kependudukannya. “Karena kalau kita geser di TPS terdekat, itu persoalan keamanan lagi. Di Lapas itu TPS lima desa Fogi,”pungkas Irfan sembari mengatakan batas Coklit sampai 13 Agustus 2020 mendatang. (bht)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed