oleh

Polres Ternate Dominasi Penindakan Tilang Terbanyak Sepanjang Semester I

TERNATE, TMc- Dalam rangka menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat khususnya tertib dalam berlalu lintas, Polda Maluku Utara melalui Direktorat Lalu Lintas Polda Maluku Utara dan Polres jajaran telah melaksanakan berbagai upaya guna menertibkan masyarakat Maluku Utara dalam berlalu lintas di jalan.

Pada Periode Semester I atau terhitung dari Bulan Januari sampai dengan Bulan Juni Tahun 2020, Dit Lantas Polda Maluku Utara dan Polres Jajaran telah menegakkan Hukum dibidang lalu lintas dengan mengeluarkan sebanyak 8.688 Blangko Tilang (R2 : 8.264 Pelanggar, R4 : 424 Pelanggar) dan 5.822 Teguran, dengan jumlah pelanggar Semester I Tahun 2020 sebanyak 14.510 Pelanggaran.

Kabid Humas Polda Maluku Utara, AKBP Adip Rojikan yang didampingi Kabid KBO Dit Lantas, AKBP Akbar R. Polhaupessy dan Kabid Paur DakGar Dit lantas Ipda Abdullah Tata dalam Konfrensi persnya, Rabu, (15/07/2020) mengemukakan, penindakan tilang terbanyak untuk sementer satu didominasi Sat Lantas Polres Ternate dengan jumlah 2.003 Tilang yang diikuti Sat Lantas Polres Halmahera Utara sebanyak 1.205 Tilang, dilanjutkan oleh Dit Lantas Polda Maluku Utara sebanyak 1.070 Tilang. Sedangkan untuk Penindakan Tilang terendah pada semester I Tahun 2020 terdapat di Sat Lantas Polres Halmahera Barat yakni 502 Tilang.

Untuk jumlah teguran terbanyak terdapat di Sat Lantas Polres Ternate yakni sebanyak 1.457 Teguran yang diikuti oleh Sat Lantas Polres Pulau Morotai sebanyak 1.401 Teguran. Sementara Jumlah Teguran terendah terdapat di Sat Lantas Kepulauan Sula dengan 99 Teguran.

Adip menjabarkan, Pelanggaran terbanyak pada Semester I Tahun 2020 yakni Pengguna Kendaraan Roda Dua (R2) dengan jumlah 8.264 Pelanggar, dengan Jenis pelanggaran tertinggi kendaraan R2 adalah tidak menggunakan Helm yaitu sebanyak 5.670 pelanggaran.

“Jadi Usai Lalu lintas pada Semester I Tahun 2020 didominasi pada usia 26 s/d 45 Tahun yakni sebanyak 3.874 Pelanggar yang diikuti dengan usia 17 sampai dengan 25 Tahun,” ungkap Adip.

Meski demikian, Adip mengaku, pendidikan pelanggaran Lalu Lintas Pada Semester I Tahun 2020 didominasi oleh pendidikan SLTA dengan jumlah 5.451 Pelanggar.

Dengan data tersebut sambung Adip, atas nama Polda Maluku Utara menghimbau untuk seluruh masyarakat Maluku Utara dalam berkendara agar mementingkan keselamatan diri, Patuhi Aturan berlalu lintas dan Protokol Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19 ini. “Selalu gunakan masker saat beraktivitas diluar rumah, semoga kita semua terhindar dari segala macam penyakit,” tutup Adip. (Isr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed