oleh

Sejumlah Lurah Di Kota Ternate Keluhkan Anggaran Covid-19

Ternate, TMc- Sejumlah Lurah di kota Ternate keluhkan anggaran penanganan Covid-19. Pasalnya untuk penanganan di tiap kelurahan baru dua kali diterima dengan kisaran nominal sebasar Rp 12 Juta per 14 hari.

Lurah Mangga Dua Utara, Yudi Anto kepada media ini, pada Senin 13 Juli 2020 mengaku selama pandemi, baru dua kali, kelurahan Mangga Dua Utara menerima anggaran covid-19 dengan tahapan 14 hari pada tahap pertama dan 14 hari tahap kedua.

“kami kelurahan Mangga Dua utara sampai saat ini, baru 2 kali terima anggaran dari tim gustu covid-19 kota Ternate, tahap pertama 14 hari sebesar Rp 12 juta dan tahap kedua Rp 12 juta tapi dicairkan 2 kali pertama Rp 3 juta kemudian sisanya baru dikase lagi minggu lalu,” jelas Yudi.

Hal senada juga diakui Lurah Fitu, Junaidi Teapon yang mengaku selama pandemi baru dua kali menerima anggaran covid-19 dari gustu kota Ternate. “Tong terima bulan April saja baru 2 kali itu, depe banyak tu Rp 12 juta per sekali cair,” pungkas Junaidi.

Menurut kedua Lurah ini, anggaran Covid-19 yang diberikan ke kelurahan tidak mencukupi operasional, pasalny dengan anggaran Rp 12 Juta yang dibagi Rp 5 juta untuk operasional dan sisa Rp 7 juta untuk honor bagi tim gustu kelurahan.

“bagimana mo cukup, operasional Rp 5 juta baru depe sisa Rp 7 juta untuk tim pe harga rokok sedangkan di kelurahan bukan cuma 10 orang yang bertugas tapi ada 25 orang jadi doi Rp 7 juta tuh tong taktisi untuk 25 orang biar sasadiki asal dapa,” keluhnya.

Terpisah, lurah Santiong Irsan Ibrahim Akil menyebutkan anggaran yang diterima sebesar Rp 12 juta baru 2 kali diterima dan itupun tidak mencukupi untuk operasional dan honorium bagi tim gustu kelurahan.  Pasalnya yang ditetapkan oleh tim Gustu kota Ternate hanya 10 orang tapi dilapangan yang ada 25 orang, sehingga untuk mencukupi honor, dia harus mentaktisi anggaran tersebut. “jadi tong bagi sasadiki saja asal par anak-anak pe doi roko, me kalo tara cukup tong mo bagimana,” keluh Irsan.

Sementara Kepala operasional percepatan penanganan Covid-19 kota Ternate, Arif Gani saat ketika dikonfirmasi pada Selasa 14 Juli 2020, soal keluhan sejumlah lurah dia mengaku untuk jumlah kelurahan di kota Ternate ada 78 kelurahan dan semuanya mendapatkan stimulan berupa uang operasional Rp 5 juta dan uang honor (uang lelah) Rp 7 juta untuk 10 orang yang tergabung dalam tim gustu kelurahan.

“Contohnya saja per kelurahan Rp 10 juta kalo kase kali 78 kelurahan kan artinya so Rp 780 juta anggaran yang kaluar, dan itu tiap bulan di kase, bahkan hingga saat ini bagi isolasi mandiri yang ada di tiap kelurahan masih menerima bantuan dari gustu per 7 hari dan selalu ada pengawasan serta penyemprotan dilakukan terus, jadi anggaran ke kelurahan itu selalu di kase,” tandas Arif. (NN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed