oleh

STIKMAH Tobelo Bangun Fasilitas Baru ‘Kolam Renang’

TOBELO, TMc- Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makariwo Halmahera (STIKMAH) Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara, saat ini tengah membangun satu fasilitas terbaru berupa, kolam renang sebagai tempat praktek gawat darurat kelautan, pada masa kuliah Kesehatan Keperawatan Kelautan Kampus STIKMAH Tobelo.

Kolam renang berukuran 10×10 M2, saat ini tengah dibangun di desa Tugala Pitu Kecamatan Tobelo tengah. Ketua STIKMAH Tobelo Dr dr Arend L Mapanawan mengatakan, untuk kolam berenang ini, difungsikan untuk pembelajaran mata kuliah gawat darurat kelautan pada mata kuliah Kesehatan keperawatan kelautan sebagai icon Keperawatan STIKMAH Tobelo.

“Secara teori sudah diterima oleh mahasiswa dibeberapa semester. Selanjutnya tinggal uji praktek,” kata Arend, Minggu (12/07/2020).

Arend juga mengatakan, untuk alat diving tabung dan lain-lain saat ini pihaknya telah menyiapkan meskipun masih beberapa set. Selain alat diving, pihaknya juga memiliki instruktur yang siap mengajar dasar-dasar menyelam dengan menggunakan alat selam.

“Sebagai perawat S1 lulusan STIKMAH Tobelo, wajib memahami mengetahui pertolongan gawat darurat di laut, baik korban karna menyelam dan tengelam. Dan cara penanganannya berbeda yang satu keracunan atau gangguan pada oksigen dan nitrogen yang satu lagi karna h20 air,” tuturnya.

Bukan hanya itu Arend, juga menjelaskan selain dipakai mahasiswa dalam edukasi mata kuliah kelautan, juga akan dipakai untuk lomba renang per angkatan mahasiswa.

“Ini sebagai kearifan lokal mulok STIKMAH Tobelo, kesehatan keperawatan  kelautan. Dan juga bisa melatih anak-anak bagaimana berenang yang benar sehingga kedepan bila berprestasi bisa kita utus ke Popda bahkan ke Pon. Kita kan, daerah kepulauan maritim yang dikelilingi lautan, tapi kita tidak pernah mengirim atlet renang, ini juga merupakan masalah. Dan bisa menuju ke sana hanya orang-orang yang memiliki visi tentang olahraga yang mampu menggarap hali ini,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Arend, menambahkan fasilitas ini bukan hanya dijadikan, sebagai kolam berenang melainkan bisa juga dijadikan hiburan, dan edukasi belajar menyelam, renang, dan lain-lain. Bahkan tempat ini juga akan dibangun mes VVIP yang digunakan oleh dosen asing dan mahasiswa asing.

“STIKMAH Tobelo hadir sebagai institusi kesehatan, selain sebagai kampus inovatif juga kampus yang mengembangkan kesehatan kelautan dengan herbal marine, seperti bintang laut merah untuk virus, Laor, dan rumput laut, yang kaya omega 3.6.7 dan 9 juga sebagai suplemen vitalitas mencegah Covid-19, strok, infark jantung, dan lain-lain,” tutupnya (Nal)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed