oleh

Nurbaity : Ternate Belum Ada Pemberlakuan Harga Rapid Test Yang Tetap

Ternate, TMc- Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Rajabessy mengatakan hingga saat ini Ternate belum bisa menetapkan harga tetap untuk rapid test. Berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia Nomor HK.02.02/I/2875/2020 tentang batasan tarif tertinggi pemeriksaan rapid test antibodi, Nurbaity sebut hal ini masih perlu koordinasi dengan wali kota Ternate sekaligus tempat-tempat pelayanan rapid test.

“Kita Dinkes belum bisa langsung mematok harga atau mengikuti surat edaran tersebut karena kita harus mengecek dulu berapa harga rapid test yang ada di rumah sakit swasta, apotek, atau klinik,”kata Nurbaity kepada media ini, Jumat (10/07/2020).

Menurutnya, pemkot dan Dinkes tidak bisa memaksakan rumah sakit, apotek atau klinik untuk serentak mengikuti batasan tarif tertinggi seperti yang tertera dalam Surat Edaran (SE) Menkes yakni Rp 150 ribu.

“Kita tara bisa paksa dong untuk iko harga atau tarif seperti yang ada di surat edaran menkes yakni Rp 150 ribu, karena itu sama saja kase mati orang pe usaha,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Nurbaity mengatakan sebelum memberlakukan tarif yang sama, dinkes harus turun mengecek ke tempat pelayanan rapid test terdahulu, hal itu dilakukan guna mengecek berapa modal dari pembelian rapid test dan keakuratan dari alat tersebut.

“jadi kita harus cek dulu, dong beli alat rapid test tu modal barapa terus dong pasang tarif pemeriksaan berapa, karena pada alat rapid test ada 3 tingkatan, ada yang tingkat akuratnya tinggi, sedang dan rendah untuk itu harus tong cek dulu,” ujarnya.

Lebih jauh lagi, dia mengaku alat rapid test yang diberikan pemkot Ternate sebanyak 5.000 buah, dan bantuan dari pemerintah provinsi Maluku utara sebanyak 1.060 buah. Sedangkan yang sudah terpakai sekitar 4.300 buah dan saat ini ketersediaan alat rapid test yang tersisa ada sekitar 1760 buah. (NN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed