oleh

Tahun Ajaran Baru 13 Juli Sekolah Kembali Aktif Belajar Mengajar

LABUHA, TMc- Memasuki Tahun ajaran baru 13 Juli 2020, Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), akan mengaktifkan kembali seluruh aktifitas belajar mengajar yang telah diliburkan selama masa Pamdemi.

Sekretaris Disdikbud Umar Iskandar Alam mengatakan bahwa pengaktifan aktifitas belajar mengajar disekolah merujuk pada Surat Keputusan (SK) Empat Menteri, yaitu Mendikbud, Menteri Agama, Mendagri dan Menkes terkait panduan masuk sekolah dimasa Pandemi Covid-19.

Berdasarkan SK tersebut, kata umar, dirinya sudah berkoordinasi dengan pihak Gugus Tugas (Gustu) Covid-19 Halsel, untuk pengaktifan sekolah tingkat PAUD, SD dan SMP atau sederajat di tahun ajaran baru nanti. “saya sudah berkoordinasi dengan Gustu lalu mereka meminta untuk buat juknisnya, besok setelah selesai baru akan dimasukkan ke Gustu agar mereka pelajari,” Ujarnya.

Umar Menjelaskan bahwa proses belajar mengajar ditiap sekolah pada masa Pandemi ini tetap menggunakan protokol kesehatan Covid-19. Untuk itu, lanjut Umar, selain penggunaan Masker, proses belajar mengajar didalam kelas akan ditata agar berjarak dengan jumlah yang sudah ditentukan tiap kelasnya.

“kalau SD dan SMP itu 18 siswa per-ruang kelas, sementara PAUD dan TK itu 5  sisiwa per-ruang kelas. Sehingga proses belajar mengajar akan kita bagi ada yang masuk pagi dan ada yang siang,” jelasnya.

Dengan adanya hal itu, maka tenaga pengajar (guru) dipersiapkan untuk tetap aktif dan menjalankan proses belajar mengajar baik pada siswa yang masuk pagi maupun siang. Dengan itu guru-guru akan diberikan tambahan pendapatan lewat dana Bos Afirmasi dan BOS Kinerja.

“bagi saya proses belajar mengajar ditahun ajaran baru ini harus jalan, ini penting, apalagi bagi para siswa lulusan TK yang akan masuk SD dan siswa lulusan SD yang akan masuk SMP. Sehingga ada proses pengenalan lingkungan sekolah karena ini penting bagi pengembangan mereka meskipun tetap dengan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Semntara itu, Sekretaris Gustu Covid-19 Halsel Daud Djubedi ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa sudah ada koordiinasi dengan dinas pendidikan terkait masuk sekolah pada Tahun ajaran baru 13 juli nanti. Dia mengaku akan mendukung dan tetap mengawal sebagaimana SKB empat menteri tentang panduang masuk sekolah ditengah pandemi itu. “kita akan pelajari juknis proses belajar mengajar dengan protokol kesehatan yang mereka (Disdikbud) buat dan masukkan ke kita. Tapi prinsipnya Kita akan tetap mendukung SKB empat menteri tersebut dengan tetap mengacu pada standar protokol kesehatan Covid-19,” tutup Daud. (lee)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed