oleh

Kades Guruapin Kecamatan Kayoa Induk Dilaporkan Ke Kejati Malut

TERNATE, TMc- Kepala Desa (Kades) Kecamatan Kayoa Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), M Rum Hi M. Saleh, pada Senin (06/07/2020) resmi dilaporkan ke Kejaksaan Tinggi Maluku Utara.

Kases M Rum Hi M. Saleh dilaporkan oleh Oranisasi Kepemudaan dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Guruapin (IPMG) Kecamatan kayoa Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) atas penyalahguanan angaran DD pada tahun 2019 senilai 110, 600,000. Senin (06/07/2020).

Usai membuat Laporan pengaduan, Ketua kordinator Junaidi S Goleng kepada sejumlah media mengatakan, Kedatangan mereka di kantor kejaksaan tinggi maluku Utara guna melaporkan terkait penyelewangan Dana Desa (DD) atas belanja mobil picup.

Menurutnya, Sistim pembelanjaan mobil Picup yang dilakukan kepala desa (kades) semistinya harus Ches tatapi, kami menemukan di bukti di lapangan bahwa, mibil tersebut dengab sistim kredit.

Selain itu, menemukan bukti pembelanjaan sambung junaidi.bahwa di dalam surat-surat mobil mengatasnamakan Rulah Kayumerah kota ternate selatan.

Junaidi juga menjebarkan, selain kredit mobil ada juga belanja 6 yunit tenda dengan kualitas tenda sangat rendah dan nilai anggaran sebesar seratus sepulu juta enam ratus ribu rupiah.

“Kamudian soal penyaluran anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tidak sesuai mekanisme yang sudah diatur atau di tetap dalam UUD dan regulasi BLT. Sehingga kepala Desa gurapin melakukan Pembagian BLT tidak pada sasaran, bahkan tidak melalui mekanisme,” ungkapnya.

Selain BLT ada juga Anggaran penanganan covid 19 sebesar 50 juta di duga kuat kades telah menyalahgunakan anggaran tersebut.padahal kades harus melihat ada beberapa poin-poin tertentu yang harus di belanjakan. Sementara Kasi Penkum Kejati Malut Richard Sinaga ketika ditemui wartawan membenarkan laporan pengaduan tersebut.

“Iya, benar tadi kami menerima laporan pengaduan dari IPPMG kecamatan kayoa kabupaten Halsel, selanjutnya akan dilaporkan ke pimpinan. Tindak lanjutnya seperti apa masih menunggu arahan pimpinan,”Imbuh Richard. (Isr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed