oleh

Tim Cyber Terus Dalami Akun Facebook Cemarkan Nama Baik Orang Asli Ternate

TERNATE, TMc- Tim penyidik cyber crime Direktorat Reserse kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Malut terus mendalami kasus tindak pidana pelecehan atau pencamaran nama baik martabat orang asli Ternate terkait postingan dua akun facebook baru-baru ini.

Akun yang dimaksud adalah Saifullah Jafar dan Supriadi.Kedua akun facebook itu dianggap merendahkan martabat orang Ternate didalami atau pemantapan kasus tersebut. Dalam kasus tersebut tercatat sudah empat orang telah dimintai keterangan oleh penyidik cyber crime untuk mengusut titik terang perbuatan Sifullah dan Supriadi.

“Kami telah menyilidik dugaan kasus meredahkan martabat orang asli Ternate. Empat orang kami sudah diambil keterangan atau klarifikasi dengan kapisitas orang memberi informasi awal. Mereka belum kategori sebagai saksi,” kata Dirreskrimsus Polda Malut Kombes Pol Alfis Suhaili melalui Kasubdit V Sub Direktorat Tindak Pidana Cyber Kompol H. Zainal Abidin, Kamis (2/7/2020).

Zainal menuturkan, dugaan kasus jni masih bersifat penyilidikan untuk memantapkan seluruh alat bukti serta hal-hal lain terutamaa niat pelaku merendahkan martabat orang asli ternate.

Penyilidikan dimaksud Kata dia, agar kasus ini ditingkatkan ke tahap penyidikan tidak menemui kendala karena pementapan penyilidikan telah berjalan dari awal. Namun dalam perjalannan jika ditemukan bukti yang cukup maka segara digelarkan perkaranya untuk dinaikan ke penyidikan.”Jika status kasusnya dinaikan ke penyidikan maka orang-orang yang dipanggil akan disurati secara resmi” jelasnya.

Menurutnya, tidak semua perkara yang dilaporkan tiba-tiba langsung dilakukan penyidikan namun melalui pemantapan atau pendalaman penyilidikan. Karena lidik itu sangat penting dari sini kita dapat mengumpulkan alat bukti untuk menarik kesimpulan sementara memenuhi unsur atau pantas dianggap sidik atau sebaliknya. “Prinsipnya kita masih pelajari terus serta mengumpulkan bukti untuk menentukan kasus ini,” tegasnya. (Isr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed