oleh

Satu Desa Di Weda Utara Bakal Dimekar

WEDA, TMc- Dihadapan Masyarakat Weda Utara Desa Waleh, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halmahera Tengah (Halteng) melakukan sosialisasi untuk persiapan pemekaran satu Desa baru di kecamatan itu.

Kabid Pemdes DPMD Halteng, Muawiyah H. Gajal saat di konfirmasi mengatakan, Sesuai dengan instruksi Bupati Halteng beberapa waktu lalu di Desa Waleh saat Kuker, untuk segera memekarkan Desa baru di Daerah Transmigrasi yang berada di Kecamatan Weda Utara Halteng untuk menjadi satu Desa baru yang di beri Nama, Desa Era Fagogoru.

“sehingga kami turun untuk mensosialisasikan kepada masyarakat sekaligus melihat kesiapan masyarakat, ” ucap Kabid Selasa (30/6/2020).

Kata Kabid, dalam pertemuan itu, saya menjelaskan prosedur mekanisme ke masyarakat. Dari situ kemudian pihak Desa yang mau mekar itu harus menyimpun seluruh data kelengkapannya untuk di sampaikan ke Bupati Halteng.

“Karena dalam hukum permendagri kitab PMD yang menangani tentang pemerintahan Desa hukumnya wajib untuk mensosialisasikan jadi saya datang ke trans itu intinya sosialisasi kepada masyarakat, ” ucap kabid yang juga mantan Camat Patani Barat itu.

Lanjutnya, untuk sisi kesiapan, masyarakat sudah siap untuk membangun wilayah administrasi baru sebagai Desa yang akan di mekarkan bahwa mereka berkeinginan untuk memekarkan Desa.karena sisi kesiapan Administrasi sudah memenuhi syarat.

Tambah Kabid, selanjutnya nanti akan di adakan musyawarah Desa (Musdes) untuk di lakukan kajian memverifikasi data faktual di lapangan sesuai dengan data-data yang di ajukan oleh desa sesuai sandaran permendagri. (nho)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed