oleh

Jelang HKN Ke 27, BKKBN Bekerjasama IBI Kota Ternate Gratiskan Pelayanan KB

TERNATE, TMc- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)  Kota Ternate bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Ternate, melakukan pelayanan Keluarga Berencana (KB) Gratis di semua Sektor ibu-ibu, dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional yang ke-27 Tahun 2020, Selasa (30/06), bertempat di Puskesmas Kalumata, Kecamatan Kota Ternate Selatan.

“Sebenarnya kegiatan hari ini adalah kegiatan serentak dari BKKBN secara nasional, yang mengajakan pelayanan KB serentak ke sejuta sektor, dalam rangka memperingati hari Keluarga Nasional tahun 2020 ke-27, yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2020 kemarin,” Ungkap Penyuluh KB Kecamatan Ternate Selatan, Fatur Rahman.

Sambungnya, “Jadi hari ini secara nasional kami BKKBN semuanya melakukan pelayanan KB serentak untuk targetnya mencapai rekor muri sebanyak satu juta sektor,” ucap Fatur.

Menurutnya, untuk jenis pelayanan KB nya semua jenis alat kontrasepsi, mulai dari suntik, Pil, Kondom, Implan, maupun Spiral, ini di laksanakan di semua fasilitas kesehatan, salah satu nya di Puskesmas Kalumata. Untuk pelayanan kali ini di rangkaikan dengan hari ulang tahun IBI, yang jatuh pada 24 Juni 2020, akan tetapi pada momen ini IBI juga ikut bersama BKKBN untuk melakukan bakti sosial, juga dalam rangka melakukan pelayanan KB gratis, ujarnya.

Sementara Ketua IBI Kota Ternate, Asna Hamid, juga sebagai kepala bidang kesehatan masyarakat kota ternate, menyampaikan, berdasarkan data sekitar sasarannya satu tahun itu 5.000 lebih itu baru di capai sekitar 200 lebih, idealnya bahwa sampai mei itu seharusnya sudah 42% yang harus di capai.

Sambung Asna, tetapi di lapangan baru dapat 22% ibu hamil yang terkaver di dalam laporan, baik itu tingkat puskesmas maupun di dinas Kesehatan. “Maka hari ini dalam rangka hari ulang tahun IBI ke-69 yang jatuhnya di tanggal 24 Juni di hari rabu, tetapi saat ini kebetulan kita juga kerja sama dengan dinas Kepengalihan Penduduk di kota ternate bagian Keluarga Berencana, bekerja sama untuk melakukan Harganas,” tuturnya.

Lanjutnya, sementara untuk fasilitas kesehatan lain di puskesmas tetap di lakukan pelayanan, karena ada tim IBI yang juga bergabung. “Kalau di bulan januari sampai februari itu di targetkan 16% masih kami capai, tetapi ketika di bulan maret kebetulan serentak terjadi pandemi covid-19, jadi dari maret sampai mei itu terjadi penurunan, karena target kami itu 42% ibu hamil sudah terkaver,” kata Asna.

Di sampaikan, jadi kenyataannya semua ibu hamil mulai dari bulan januari sampai mei itu sebanyak 22%, jadi semua total 200 lebih ibu hamil yang terkaver. “Hari ini kami dari ikatan bidan Indonesia pada saat hari ulang tahun ini mengacu dengan tema, Bidan pertama dengan perempuan, bagaimana kita meningkatkan kesehatan ibu dan anak di kota ternate, dan saya berharap bagi teman-teman bidan walaupun di lapangan kita dapatkan kendala tetapi itu adalah profesi yang kita pilih, jadi kita bekerja secara maksimal, mudah-mudahan itu sebagai nilai ibadah kedepan,” ungkapnya. ( Ade)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed