oleh

Diduga Pangkas Kegiatan Pemberdayaan TA 2020, DPRD Kecam Bupati Halsel

LABUHA, TMc- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mengecam Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) atas pemangkasan kegiatan Pemberdayaan Tahun Anggaran 2020.

Ketua Komisi II DPRD Halsel Gufran Mahmud, Selasa (30/6) mengatakan bahwa seharusnya Pemda Halsel dalam hal ini Bupati Bahrain Kasuba, tidak membiarkan pemangkasan anggaran pemberdayaan dari APBD Tahun 2020 untuk digeser ke Pembiayaan Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Merujuk pada surat keputusan bersama menteri Keuangan dan Menteri dalam negeri (SKB) omor 119/2813/SJ nomor 177/KMK.07/2020 mengatur tentang penanganan Covid-19 dan pengamanan daya beli masyarakat dan perekonomian nasional, ada beberapa poin penting yang harusnya menjadi perhatian Bupati.   Dimana, Pemda diminta untuk melakukan penyesuaian target pendapatan daerah dalam APBD 2020. Penyesuaian dilakukan melalui penyesuaian pendapatan transfer ke daerah dan dana desa dan penyesuaian pendapatan daerah.

Kemudian Lanjut Gufran, pemerintah daerah diminta untuk melakukan penyesuaian belanja daerah melalui rasionalisasi belanja pegawai, barang dan jasa dan belanja modal. Namun tidak untuk melakukan re-skedul terhadap kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat. “Harusnya kegiatan yang di re-skedul itu pembangunan Gedung maupun jalan, bukan kegiatan Pemberdayaan, terutama yang ada di Dinas Perikanan dan pertanian,” tukasnya.

Gufran menegaskan, harusnya selain Penanganan Covid-19, ketahanan pangan juga diperhatikan, sehingga pemerintah akan menetapkan kebijakan yang mendorong pertumbuhan lapangan kerja, stimulus untuk UMKM dan industri padat karya.

Olehnya itu, Gufran meminta Pemda harus mengembalikan kegiatan di dinas perikanan dan pertanian yang bersifat pemberdayaan, karena itu bersifat pemberdayaan ekonomi masyarakat. “tapi yang terjadi malah lain, Pemda malah memangkas anggaran bantuan untuk nelayan di Dinas Perikanan dan mempertahankan kegiatan pembangunan taman kota dengan anggaran Sembilan Ratus Juta Rupiah. Pemda ini tidak punya nurani,” cecar Politisi Golkar ini. (lee)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed