oleh

MUI: Sembeli Hewan Qurban di Tengah Masa Pandemi Covid 19 Tidak Masalah, Namun Harus Mengikuti Protokol Kesehatan

Ternate, TMc- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ternate, Usman Muhammad mengatakan bahwa penyembelian hewan qurban jelang Hari Raya Idul Adha di tengah masa pandemi Covid-19 tidak masalah, ungkap Ketua MUI Kota Ternate.

Usman menyebutkan, bahwa proses penyembelian hewan qurban itu bagi orang yang memiliki kemampuan secara financial, meskipun ditengah masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, sah-sah saja. Jika ada orang menyumbangkan hewan korban untuk disembelih jelang hari Raya Idul Adha nanti. Pasalnya daging qurban tersebut justru bisa diberikan bagi orang-orang yang kurang mampu.

“Menyembelih hewan qurban itu kan bagi orang yang punya kemampuan, kalau mereka punya kelebihan pada pendapatan dan ingin berqurban saya kira tidak ada masalah karena dagingnya kan akan dibagi-bagi ke orang-orang yang tidak mampu,”jelasnya kepada media ini, Jumat (26/06/2020).

Dijelaskan, jika umat muslim dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H dan ada yang ingin menyembelih hewan qurban ditengah pandemi itu tidak ada masalah, namun semua itu bisa diatur sesuai protokol kesehatan dan sesuai himbauan pemerintah, ujarnya.

“Sehingga dalam pelaksanaan qurban itu sesuai dengan petunjuk dari pemerintah maupun instansi teknis tentang penerapan protokol kesehatan dalam penyembelian hewan qurban nanti,” kata Usman.

Lebih jauh lagi Ketua MUI Kota Ternate mengatakan untuk shalat pada Idul Adha nanti akan dilaksanakan seperti pada pelaksanaan shalat Idul Fitri sebelumnya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan atau himbawan pemerintah daerah.

“Ini kan lagi masa pandemi Covid 19 maka kita sangat mengharapkan agar semua harus taat protocol kesehatan dan atau himbawan dari pemerintah daerah,” ucapnya.

MUI Kota Ternate juga menghimbau kepada semua warga kota Ternate agar tetap menjaga kesehatan jelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah akan datang, utamanya menjaga jarak, menggunakan masker dan rajin cuci tangan (mengikuti protocol kesehatan) dimasa pandemic Covid 19 ini, tutupnya. (NN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed