oleh

Bantuan Suda di Berikan Kepada Masyarakat Diskoperindag Tarik Kembali

SANANA,TMc- Ternyata proyek pembangunan pasar ikan Basanohi di Desa Fogi, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) yang diberikan oleh Bupati Hendrata Thes untuk dikerjakan secara sua kelola oleh penjual ikan, ditarik kembali.

Proyek tersebut, ada dua lokasi yang telah dikerjakan, yakni blok A dan blok B, jumlah anggaran secara keseluruhan sebesar Rp. 400 juta.

Anehnya, pada saat Bupati memberikan pekerjaan itu kepada penjual ikan, sebagian anggaran sudah dicairkan, yaitu sebanyak Rp 50 juta, dari Rp 50 juta itu, 30 juta sudah dipakai untuk membeli material. Namun, belum juga dikerjakan, Pemkab malah mengambil alih kembali pekerjaan tersebut.

Jadi, uang Rp 50 juta yang sebagian sudah membeli material dan sisanya itu dikembalikan ke Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kepsul.

“Iya, rehab pembangunan pasar ikan itu awalnya Bupati Hendrata yang kasih ke kita untuk kerjakan sebagai suakelola uangnya sudah cair Rp. 50 juta, kami sudah pakai beli material Rp. 30 juta. Tapi, entah alasan apa, pemerintah malah ambil alih dan kembalikan semua material dan uang sisa itu kepada Diskoperindag,” kata Ratib Umasugi, salah satu penjual ikan.

Ratib mengatakan, uang yang diberikan kepada mereka sebesar Rp. 50 juta itu sudah dikembalikan semua. “Tidak 1 rupiah yang kami ambil, pemerintah yang kerjakan sendiri supaya keuntungan mereka yang ambil,” ujarnya.

Padahal, kata Ratib, Bupati Hendrata Thes yang berikan kepada penjual untuk kerjakan proyek itu. “Kan Bupati suruh kita yang kerja supaya anggaran Rp. 400 juta itu kalau masih ada sisa, bisa dibagikan ke penjual ikan,” semprotnya.

Jadi, lanjutnya, bangunan pasar ikan yang disediakan oleh pemerintah ini sangat tidak layak untuk ditempati. Selain lokasinya yang kecil, kualitas bangunan juga sangat parah, kemudian saluran limbah ikan juga dikerjakan asal-asalan. “Kami tidak akan pindah ke tempat yang disediakan oleh pemerintah,” tegas Ratib.(bht)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed