oleh

Dewas PDAM Konsultasi Hukum Ke Kejaksaan Soal Tunggakan Pembayaran Air

TERNATE,TMc- Dewan Pengawas (Dewas) Tirta Dharma PDAM Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara Sambangi Kantor Kejaksaan Tinggi Maluku Utara, pada Senin (22/06/2020).

Kedatangan tiga dewan pengawas (Dewas) yang terdiri dari Ketua Sukarjan Hirto, Sekretaris Irwan Abd, Gani Dan Anggota Hidayat M syah dalam rangka Konsultasi hukum.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku Utara, Erryel Agoes ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kedatangan tiga pengawas Tirta Dharma PDAM tersebut.

“Iya benar, ada kunjungan dari tiga dewan pengawas PDAM Kota Ternate yang didampingi oleh Kajari Ternate,” kata Kajati.

Kajati menuturkan, ketiga dewan pengawas itu datang dalan rangka shering terkait Memorandum of Understanding (MoU) di bidang perdata dan tata usaha negara. Sebab, ada kewengan kejaksaan di pasal 30 UU kejaksaan selaku penuntut dan di bidang perdata tata usaha negara membuat yakni penertiban hukum,pendapat hukum, Audit hukum dan memberikan bantuan hukum.

“Jadi bukan hanya PDAM, tapi Bank juga. Misalnya ada kredit macet yang dibayar masyarakat maka selaku pengacara negara melakukan penagihan dengan surat kuasa khusus, namun itu nantinya pada Kejaksaan Negeri Ternate,”ujar Kajati.

Sementara itu Kasi penkum Kejaksaan Tinggi Maluku Utara (Malut), Richard Sinaga menambahkan,  kedatangan Dewas Tirta Dharma PDAM Kota Ternate itu dalam rangka Konsultasi bantuan Hukum.

Bantuan hukum yang dimaksud Kata dia, surat kuasa dari agar dilakukan upaya penagihan. Namun itu tehnisnya ada di kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate.

Untuk masalah tunggakan sambung dia, berapa lama belum diketahui persis, namun di taksirkan sebanyak 150 Konsumen yang menunggak.

“Kalau misalnya surat kuasa sudah dikeluarkan maka jaksa langsung bekerja,” terangnya. (Isr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed